Terkini

Damkar Badung Latih Laskar Sapu Geni Pasar

Mangupura- Upaya edukasi pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan dilakukan secara kontinu oleh Damkar Badung. Hari ini, Kadiskarmat I Wayan Wirya, SE.,M.Si mengumpulkan 50 Pasar di Kantor BPBD Kabupaten Badung Jl.Kunti II Seminyak untuk diberikan informasi pencegahan, penanganan api awal serta penyelamatan diri pada saat terjadi kebakaran.
Hal ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya, Rabu, 20/2 berupa penyuluhan terpadu Paling Sigap Pandu Juwita dan Laskar Sapu Geni dengan menyasar 75 Engineering dan Security Hotel.
Wirya dalam arahannya menekankan pentingnya pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan kebakaran serta penyelamatan. Dan yang tidak kalah pentingnya yakni keberadaan alat pemadam kebakaran seperti tabung merah APAR, Hydrant kebakaran dan juga sarana pemadam tradisional seperti karung goni atau paling tidak handuk atau lap namun harus dibasahkan. Dan penting juga jika kita dapat menggunakan alat pemadam kebakaran yang kita miliki.
Arahan Kadiskarmat dilanjutkan dengan materi teknis oleh Inspektur Damkar Made Djaya Lokantara, tentang segitiga api, kelas kebakaran ABCD dan cara penganggulangan kebakaran dan cara penyelamatan diri pada saat terjebak asap. Materi teknis dilanjutkan oleh Inspektur Damkar Komang Sugiarta tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan tentang penyebab kebakaran di pasar antara lain nyala dupa, konsleting listrik, puntung rokok yang menyala, kompor.
Di akhir sesi seluruh peserta dari pasar dilatih memadamkan api dengan karung goni basah, selimut api, APAR dan pemadaman dengan air dari selang dan nozzle pada mobil BW / truk pemadam. Peserta juga dilatih cara penanganan api awal dari kebocoran tabung LPG.
Semakin banyak yang dilatih menjadi Fire Response Team dan Laskar Sapu Geni, Badung semakin siaga terhadap bahaya kebakaran.

Sumber: @damkar_kabupaten_badung – 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top