Terkini

Kecamatan Seririt Miliki Sebelas Desa Berkantong Miskin

Meskipun berbagai upaya sudah dilakukan, namun kondisi miskin masih belum bisa dituntaskan. Demikian juga di Kecamatan Seririt.Menurut laporan Camat Seririt, I Nyoman Riang Pustaka,S.IP di wilayah yang dipimpinnya memiliki sebelas desa kantong kemiskinan. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Musrenbang-Musyawarah Pembangunan Tingkat Kecamatan,20/2. Dipaparkan, desa berkantong miskin itu, antara lain Desa Pengastulan, Ringdikit, Banjarasem, Lokapaksa, Pangkungparuk, Joanyar, Ularan, Rangdu, Kalisada, Gunungsari dan Mayong.  

Jika menggunakan indikator salah satu kemiskinan yaitu jumlah penerima RTM maka ada 3 desa penerima Rastra terbanyak adalah Lokapaksa sebanyak 1002 RTM,Pangkungparuk 790 RTM dan Banjarasem sebanyak 36 RTM.

Lebih jauh diungkapkan oleh Riang Pustaka,dari tiga desa dimaksud,meskipun memiliki kantong kemiskinan namun memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk mengentaskan kemiskinan. Potensi itu berupa BUMdes yang sampai kini kondisinya sehat. Misalnya di Desa Banjaasem, BUMDesnya mendapat laba per Desember 201 sebanyak Rp.39  juta. Kemudian di Desa Pangkungparuk memiliki LPD dengan kondisi aset sebesar Rp.13 Miliar, sedangkan BUMDesnya memiliki aset Rp.2,5 Miliar. Ditambahkan juga, di Desa Lokapaksa dikembangkan koperasi Tri Hita Karana yang sedang fokus mengembangkan usaha berbasis moringa (kelor).

Masalah yang dihadapi ditiga desa itu, yang utama dibidang pertanian adalah pengairan subak yang belum maksimal. Akibatnya, saat ini, di subak Desa Kalisada lahan petanian seluas 75ha sudah tidak bisa ditanami padi sejak 4 tahun lalu.

Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buleleng Nyoman Genep antaralain mengatakan melalui Musrenbang diharapkan adanya investarisasi permasalahan pembangunan di Kecamatan tersebut untuk dicarikan jawaban permasalahan dan alternatif pemecahannya. (Wir-st)

Sumber: bulelengkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top