Terkini

Masalah di Tejakula Dari Abrasi Sampai Kurang Guru

Buleleng – Kegiatan Musrenbang tidak hanya mendengar apa yang diusulkan oleh masyarakat dari tingkat desa, juga diperoleh gambaran apa masalah yang dihadapi wilayah itu. Untuk di Kecamatan Tejakula, dalam kegiatan Musrenbang-Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan yang berlangsung hari Kamis,21/2, Camat Tejakula Drs.Nyoman Widiartha mengungkapkan dalam laporannya masalah di wilayahnya antara lain abrasi pantai. Panjang abrasi  mencapai 25,75 Km. Selain abrasi, Tejakula yang memiliki pantai yang cukup panjang itu, para nelayannya belum memiliki wadah atau koperasi sehingga hasil tangkapan ikan dijual langsung ke pasar atau pengepul dengan harga relatif murah.

Camat Tejakula juga menjelaskan, kondisi alam secara geografis merupakan lahan kering dan perbukitan. Hal itu mengakibatkan daerahnya rawan longsor dan bila musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan. Selanjutnya di bidang pertanian, hama gayas masih menghambat produktifitas petani. Masalah lainnya adalah masih terbatasnya sarana dan prasarana untuk kebuthan air bersih, sedangkan di bidang pendidikan masih kekurangan tenaga pengajar guru SD dan SMP.

Sementara itu Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buleleng, Nyoman Genep, antara lain mengatakan program strategis yang dapat memberdayakan  dan membangkitkan partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan dipandang perlu menjadi perhatian bersama. Hal strategis yang juga harus diperhatikan adalah pembangunan infrastruktur, pertanian dalam arti luas, peningkatan SDM diharpkan juga menjadi perhatian dalam merumuskan permasalahan di Musrenbang. (wir-st)

Sumber: bulelengkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top