Terkini

Propam Polda Bali Mendadak Tes Urine Personel Direktorat Samapta

Sebanyak 31 personel Direktorat Samapta Polda Bali menjalani tes urine dadakan di depan Gedung SPKT, Rabu (20/2). Tes urine yang dilakukan Bid Propam Polda Bali bersama Rumkit Bhayangkara Denpasar tersebut guna mencegah kasus penyalahgunaan narkoba di institusi kepolisian.

“Tes urine dilakukan dalam rangka deteksi dini dan juga sebagai bentuk pengawasan internal untuk mencegah keterlibatan anggota Polri, khususnya anggota Ditsamapta Polda Bali terhadap penyalahgunaan narkotika,” terang Kasubdit Provost Bid Propam Polda Bali, AKBP A.A. Gede Rai Laba, S.Sos., M.H. didampingi Kanit Hartib II, AKP Ni Luh Suryawati, S.H.

AKBP A.A. Gede Rai Laba, S.Sos., M.H. menyatakan bahwa sebagai aparat penegak hukum anggota Polri harus dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat yakni bersih dan bebas dari narkoba. Dengan dilakukan tes urine ia juga berharap nantinya tidak ada personel Dit Samapta yang terlibat baik penyalahgunaan atau bahkan menjadi pengedar narkoba.

“Hasil koordinasi dengan dokter pemeriksa dari RS Bhayangkara bahwa pemeriksaan urine kali ini tidak ada satu pun personel yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika,” tegasnya.

Tidak hanya melaksanakan tes urine, Bid Propam Polda Bali juga melakukan pemeriksaan terhadap personel Polda Bali yang membawa senjata api (senpi) dinas di halaman belakang Mapolda Bali. Pemeriksaan senpi difokuskan pada pemeriksaan administrasi terutama masa berlaku Kartu Ijin Pemegang Senpi (KIPS), kebersihan senjata atau cara merawat senpi dan jumlah peluru.

“Pemeriksaan senpi dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya pelanggaran penggunaan senpi oleh anggota Polri. Ada satu personel yang kedapatan senpinya kotor, kita berikan tindakan disiplin berupa push up sebanyak 50 kali,” kata Kasubid Provos.

Sumber: Humas Polda Bali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top