Budaya

Karnaval Tingkat SMP dan SMA/SMK Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Meskipun dibawah cuaca teriknya panas matahari tidak menyurutkan semangat generasi muda untuk menampilkan kreatifitas jiwa seni dan budaya, hal tersebut telihat ketika, Bupati Suwirta bersama Wabup Kasta menghadiri lomba karnaval tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kecamatan Klungkung daratan. Lomba Karnaval ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilakukan Pemkab Klungkung dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke– 74 tahun 2019 yang berlangsung di depan Monumen Puputan Klungkung, Kamis (15/8/2019) Sore.

Bupati Suwirta berharap jiwa kreatifitas seni ini agar nantinya bisa selalu dijaga bahkan ditingkatkan lagi kedepannya. Menurutnya seni dan budaya Bali merupakan suatu hal yang harus dijaga dan dilestarikan dengan sebaik-baiknya. “Juara bukan segalanya tetapi bagaimana berani tampil untuk menunjukkan kreatifitas dan inovasi agar kelestarian seni dan budaya bisa terjaga dengan sebaik-baiknya,” harap Bupati Suwrita.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gede Darmawan menyampaikan juri dalam lomba ini disebar mulai garis start, lokasi atraksi dan finish. Durasi penampilan masing-masing kontingen selama 30 menit, apabila melebihi ada pengurangan nilai. “Lomba pawai karnaval dengan penggabungan beberapa sekolah menjadi satu kontingen ini dimaksudkan agar setiap sekolah mampu menjalin kerjasama yang baik antar sekolah yang lain, menunjukkan ke gotong royongan dan kebersamaan,” Ujar Dewa Gede Darmawan.

Penampilan atraktif disuguhkan oleh semua peserta, salah satunya penampilan kontingen SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 Semarapura dan Mts Hasanudin yang mengambil judul Masatua (Manut Sastra Tutur lan Agama) Padamu Negeri Kami Berjanji.

Diceritakan sebuah penggambaran negeri Pancasila yang terjajah globalisasi. Mereka generasi yang menyambut dirinya sebagai generasi millennial, terbuai desah nafas revulusi industri. Setiap hari adalah pencarian jati diri dalam nikmat mordenitas mereka pun mencari dan mencari dalam ketidakpastian. Mereka pun hanyut dan overdosis dalam candu teknologi. Dan ternyata ada sudut yang tak tersentuh candu itu sebuah karakter yang harus tetap dijaga dan dikuatkan melalui kemampuan mereka dalam berkomunikasi, berlaku kreatif, berkolaborasi dan berfikir kritis.

Kegiatan Lomba Karnaval ini juga dihadiri Ketua DPRD Semantara Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Anom, SH, Sekda Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta membludaknya masyarakat klungkung untuk menyaksikan pementasan karnaval.

Sumber: Humas dan Protokol Klungkung

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top