Budaya

Fesrida Resmi Dibuka, Wabup Sutjidra Berikan Apresiasi Seniman Seririt

Seiring dengan keberlanjutan gelaran Festival Seririt Budaya (Fesrida) kali keempat di Tahun 2019, keberadaan sanggar seni yang mulanya hanya terdapat satu di Desa Bubunan kini mulai bertumbuh di beberapa desa di Kecamatan Seririt. 

Melihat perkembangan itu, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat Seririt atas partisipasi dan antusiasnya mengembangkan kesenian baik tradisional maupun modern. Hal itu terungkap dalam sambutannya pada acara Pembukaan Fesrida “Seririt Prabhaswara” di Lapangan Umum Seririt, Rabu malam, (28/8).

Ditengah-tengah ratusan masyarakat yang hadir menyaksikan pembukaan festival, Wabup Sutjidra juga berikan pujian kepada ibu-ibu penari Pendet Massal. “Saya bangga dengan ibu-ibu yang tadi menari Pendet Massal di depan undangan, tetap energik walau sudah berumur,” Ujar Wabup Sutjidra.

Selain itu, Wabup Sutjidra juga meminta kepada Camat Seririt untuk kedepannya dalam penyelenggaraan Fesrida tidak lagi mengurangi kapasitas waktu pelaksanaan festival, hal itu dimaksudkan agar seluruh pelaku seni, baik tradisional dan modern dapat tampil secara menyeluruh. “Saya minta Camat Seririt tidak mengurangi waktu pelaksanaan festival, tetap dilaksanakan selama delapan hari seperti tahun lalu,” Tegasnya.

Sementara itu, dalam laporan Camat Seririt I Nyoman Riang Pustaka menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Fesrida IV Tahun 2019. Pihaknya juga menerangkan, sampai dengan pelaksanaan festival tahun keempat itu telah banyak melahirkan sanggar seni dan band lokal di berbagai desa di Kecamatan Seririt. Terkait itu, gelaran Fesrida mengangkat tema “Seririt Prabhaswara” yang bermakna Serirt Bersinar Cemerlang. 

Adapaun lomba budaya yang dilaksanakan yaitu, Lomba Nyastra Bali, Lomba Meulat-ulatan dan Lomba Majejahitan.

Turut hadir dalam pembukaan itu, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Buleleng Ny. Aries Suradnyana dan Ny. Ayu Wardhani Sutjidra, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Buleleng, 5 anggota DPRD Buleleng Terpilih asal Kecamatan Seririt dan Camat se-Kabupaten Buleleng.(Agst)

Sumber: bulelengkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top