Opini

Empat Proyek Fisik Pemkot Denpasar Bernilai Miliaran Ini Diklaim Berdampak Positif

Empat proyek pembangunan fisik pada tahun anggaran 2019 di Denpasar diklaim menunjukkan hasil deviasi positif.

Adapun empat proyek fisik ini adalah Pasar Suwung Batan Kendal, SMPN 13 Denpasar, SDN 6 Padangsambian dan SDN 11 Pemecutan.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja menjelaskan, dari peninjauan kali ini realisasi fisik untuk pembangunan Pasar Suwung Batan Kendal tercatat sebesar 33,24% dari rencana awal 17,75%.

Hal ini menunjukan deviasi positif sebesar 15,49%. Renovasi Pasar Suwung Batan Kendal dengan nilai Kontrak Rp 3,5 M lebih ini ditarget selesai 16 Desember 2019.

Lalu, untuk SDN 6 Padangsambian, dari peninjauan kali ini tercatat realisasi fisik mencapai sebesar 17,53% dari rencana awal 15,95%.

Hal ini menunjukan deviasi positif sebesar 1,57%. Pembangunan gedung dengan nilai kontrak sebesar Rp.1,6 M lebih ini diarget selesai 13 Desember 2019.

Selanjutnya, Pembangunan Gedung SMPN 13 Denpasar dari peninjauan pihaknya tercatat realisasi fisik mencapai sebesar 51,6% dari rencana awal 40,909%.

Hal ini menunjukan deviasi positif sebesar 10,694%. Pembangunan dengan nilai kontrak Rp. 11,8 M lebih ini di target selesai 12 Desember 2019.

Sementara, gedung SDN 11 Pemecutan dari hasil peninjauannya tercatat realisasi fisik mencapai sebesar 25,84% dari rencana awal 8,863%.

Pihaknya menekankan tercapainya realisasi fisik, non fisik dan keuangan yang tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran sehingga realisasi pembangunan dapat memberikan manfaat yang optimal pada kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya kami menekankan tercapaimya realisasi pembangunan fisik, non fisik dan keuangan yang tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran,” jelasnya.

Terpisah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan bahwa pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan harus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Hal ini sebagai upaya memastikan realisasi pembangunan baik fisik, non fisik serta keuangan yang tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

“Tentunya peninjauan ini penting dilaksanakan, sehingga dapat diketahui capaian progres pengerjaan dan bagaimana nantinya pembangunan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Bintang Darmawati.

Lebih lanjut dijelaskan, dari peninjauan ini diharapkan memberikan rekomendasi dalam mendukung percepatan pembangunan.

Pun demikian dari hasil peninjauan kali ini keempat proyek pembangunan fisik ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

“Sudah sesuai rencana, dan keempatnya melebihi target realisasi, tentunya akan terus kami awasi bersama pembangunannya,” jelasnya.

Sumber: denpasarkota.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top