Opini

Peran PHDI Kota Denpasar Lebih Sentral dibanding Kabupaten Lain karena Bersifat Majemuk

DPeran Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar lebih sentral dibanding PHDI kabupaten/ kota lainnya dikarenakan dengan masyarakatnya yang majemuk, maka tantangan menguatkan pemahaman masyarakat dalam beragama, butuh kerja keras.  Hal ini diungkapkan Ketua PHDI Provinsi Bali Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, usai menyerahkan Surat Keputusan (SK) pelantikan Pengurus anyar PHDI Kota Denpasar yang dikukuhkan secara niskala melalui upacara mejaya-jaya, lalu di Pura Jagatnatha, Denpasar. 

Setelah mengemban tugas, para pengurus dan anggota PHDI Denpasar diharapkan bisa langsung kerja menjalankan program, baik program yang baru di rumuskan maupun program sebelumnya. Peran PHDI, kata dia, khususnya di Kota Denpasar tidak hanya menguatkan pemahaman agama semata. Salah satu tugas yang ia nilai penting adalah PHDI dapat mendorong masyarakat agar melaksanakan ajaran agamanya dan belajar agamanya. Terhadap cakupan yang lebih luas, kemajuan teknologi juga harus menjadi perhatian dalam menguatkan kualitas SDM umat, khususnya kaum muda. 

Baginya, kemajuan teknologi yang mengedepankan digitalisasi mesti diimbangi dengan menjaga interaksi sosial, mulai dari lingkungan keluarga hingga lingkup yang lebih luas, sehingga mengurangi potensi konflik.  “Pelecehan pura, pelecahan umat, warisan dan pindah agama, itu poin-poin utama. Kalau ada keputusan (solusi) disosialisasikan, kalau belum ada keputusan segera dirumuskan disampaikan ke Parisadha Bali,” terangnya.

Sudiana yang juga Rektor IHDN Denpasar ini mengatakan, PHDI provinsi Bali akan siap dan selalu terbuka untuk merumuskan berbagai solusi dari persoalan yang dihadapi umat Hindu. Kepada pengurus dan anggota baru PHDI Kota Denpasar, ia berharap agar maksimal mengabdi di PHDI dengan menjalankan anggaran dasar dan rumah tangga PHDI dalam mengayomi umat. Harapan serupa juga disampaikan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar IGN Bagus Mataram. “Selamat bertugas anggota dan pengurus anyar, kami berharap PHDI bisa bersinergi dengan Dinas Kebudayaan,” harapnya.

Sumber: denpasarkota.go.id 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top