Terkini

Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Koster saat menerima kunjungan kerja Ketua Dekranasda Provinsi Lampung

Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Koster menerima kunjungan kerja dari Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ny Riana Sari Arinal beserta jajaran di areal Lantai 1 Gedung Ksiraarnawa, Taman Budaya Denpasar, Kamis (9/12).

Mengawali sambutannya, pendamping orang nomor satu di Bali ini menyampaikan bahwasannya pandemi Covid-19 telah berimbas pada terpuruknya sektor pariwisata Bali, termasuk IKM dan UMKM mengingat sektor ini sangat bergantung pada pariwisata dan ekspor.

Namun dalam situasi terpuruk, kita tidak berdiam diri, dengan dukungan penuh dari Dekranas kami terus berupaya untuk bangkit. Program kegiatan dari Dekranasda selama pandemi kita fokuskan pada sosialisasi dan aksi sosial, di mana salah satu aksi sosial yang kami lakukan adalah menyediakan ruang bagi pelaku IKM untuk memamerkan hasil kerajinan mereka. Pemeran dilakukan oleh IKM secara bergiliran secara gratis dengan mengambil tempat di Taman Budaya, Art Center.

Wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menambahkan, tidak saja menyediakan ruang pameran gratis bagi para pelaku IKM, kami juga berupaya mendatangkan konsumen dengan menggerakkan para ASN di lingkungan Pemprov Bali maupun kabupaten / kota se-Bali secara bergantian berkunjung ke pameran ini dan mensupport dengan membeli produk kerajinan, sehingga para perajin tetap semangat untuk berkarya dan berinovasi.

Selama pandemi terjadi, Dekranasda juga terus mengajak para pelaku IKM untuk melakukan evaluasi terhadap produk kerajinan yang dihasilkan, sehingga kualitas produk bisa terjaga. Demikian pula hal nya dalam pemasaran, kami juga terus melakukan sosialisasi dan mengajak para pelaku IKM untuk masuk ke pasar digital baik dalam menawarkan produknya maupun dalam proses transaksi. Bahkan hasil kerajinan para IKM kami saat ini sudah memasuki market place Balimall.id di mana marketplace ini sudah berskala nasional dan menjual produk produk kerajinan Bali yang asli dan berkualitas.

Bunda Putri juga mengajak Dekranasda Provinsi Lampung untuk menjalin kerjasama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para pelaku IKM dan UMKM. Potensi dan keunikan yang dimiliki oleh masing masing daerah hendaknya terus dijaga kualitas dan kelestariannya. Ia mencontohkan terkait keberadaan kain tenun tradisional , dimana semua kain tenun tradisional hendaknya diproduksi di rumahnya (daerah asalnya) dan untuk pemasaran maupun konsumennya bisa dipasarkan dan dipakai oleh siapa saja, bahkan semakin luas pemasarannya maka IKM akan semakin sejahtera.

Sementara itu Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ny Riana Sari Arinal menyampaikan

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung sangat kagum dan mengapresiasi berbagai langkah yang dilakukan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali untuk mendukung dan berupaya agar para pelaku IKM UMKM Bali tetap bisa bertahan, serta berinovasi di tengah pandemi Covid 19.

Ny Riana Sari menambahkan, pihaknya juga sangat ingin menjalin kerja sama dengan Dekranasda Provinsi Bali dalam upaya peningkatan kesejahteraan para pelaku IKM UMKM, di mana salah satunya adalah kerajinan dari akar kayu. Hal ini mengingat di Provinsi Lampung banyak sekali terdapat akar akar kayu yang tidak dimanfaatkan dengan baik sedangkan di Bali ia melihat akar kayu bisa dijadikan sebuah karya seni yang sangat luar biasa.

Ketua Dekranasda Lampung juga menyampaikan bahwa kehadiran rombongan di Provinsi Bali juga serangkaian acara peresmian Galeri Tapis di Seminyak Bali. Pihaknya sangat berharap ke depannya semakin banyak kerja sama yang bisa dilakukan dengan Dekranasda Bali tidak hanya untuk peningkatan kesejahteraan para pelaku IKM/UMKM di kedua belah pihak, tetapi juga bentuk sinergitas bersama dalam upaya menjaga kelestarian warisan leluhur bangsa

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali I Wayan Jarta, jajaran pengurus Dekranasda Provinsi Bali dan Provinsi Lampung juga diisi dengan penampilan Tarian Kupu Kupu Tarum yang ditarikan oleh para penari disabilitas. Kunjungan kerja pada sore hari ini diakhiri dengan sesi tukar cindera mata dan foto bersama.

Seusai acara, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung beserta rombongan dengan didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali berkeliling melihat Pameran IKM Bali Bangkit 5 yang digelar di area Taman Budaya.

Sumber : Baliprov.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Terpopuler

To Top